Berita Duka : Selamat Jalan Legenda Sepakbola Bandung, Encas Tonif

Administrator

23/03/2023

4 views
Almarhum Encas Tonif

BANDUNG, G-SPORTS.ID – Sehari sebelum meninggal dunia, Senin 17 April 2023, legenda sepakbola nasional asal pemain Persib, Encas Tonif, memaksakan hadir di Kongres Biasa Askot PSSI Bandung, Minggu 16 April 2023 di Gedung Asprov PSSI Jabar. 

Saat itu, almarhum terlihat dalam kondisi lemas  karena sakit. Ia memaksakan hadir ke acara Kongres Biasa Askot PSSI Bandung karena mendapatkan undangan resmi dari panitia kongres sebagai pengurus Askot PSSI di Badan Tim Kota (BTK). 

Kabar dari panitia Kongres Biasa, sebelumnya almarhum sempat terjatuh di Jalan Lembong saat hendak menuju acara kongres dan bisa hadir karena kebaikan seorang polisi yang mengantarkannya ke Gedung Asprov PSSI Jabar. 

Beberapa pengurus dan rekan sejawat menyarankan agar almarhum tidak melanjutkan menghadiri acara Kongres. 

Tak berapa lama kemudian, sang putri Elsa datang menjemput dan membawa sang ayah pulang karena kondisinya yang sudah mengkhawatirkan. 

Itulah terakhir kali bersama dan melihat almarhum, Encas Tonif atau yang akrab disapa ‘Si Kolot’ sebelum akhirnya tersiar kabar Encas Tonif meninggal dunia di kediaman, Jalan Balubur, Tamansari Senin siang, 17 April 2023.

Encas Tonif sang legenda yang sudah malang melintang di sepakbola. Dari mulai pemain Persib di Perserikatan dan Galatama bersama Tunas Inti. 

Almarhum pernah membawa tim Persib U-16 ke ajang Piala Nike di Suwon. Prestasi paling fenomenal adalah membawa Persib U-18 atau Atep dan kawan-kawan Piala Soeratin tahun 2003 saat mengalahkan PSSI U-18 di Lapangan UPI, Bandung. 

Rekan sejawatnya yang telah mendahului adalah Ronny Patinasarani dan Suimin Diharja. 

Diperoleh dari pihak keluarga, almarhum dikebumikan di kampung halamannya di Jatiwangi. 

“Segenap pengurus Askot PSSI Bandung, sahabat mengucapkan berduka yang sedalam – dalamnya. Kami sangat kehilangan sahabat sekaligus guru kami semua di sepakbola, ” kata Ketua Umum Askot PSSI, H. Yoko Anggasurya mengungkapkan. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

Berita Terkait