Kejurnas Judo 2023 di Bandung Berakhir Sukses, Penampilan Peserta Dikagumi Sang Ketum PB PJSI

Administrator

26/04/2023

3 views
Ketua Umum PB PJSI, Letjen TNI, Maruli Simanjuntak, berfoto bersama dengan para juara kelas Kata putra Kejurnas Judo Piala Pangkostrad 2023 di Kampus UPI Bandung, Minggu 30 Juli 2023. (Foto: Arief K/G-SPORTS.ID)

BANDUNG-SPORTS.ID – Kejuaraan Nasional Judo Pelajar Tingkat SLTA/SLTP, Mahasiswa dan Kualifikasi Kata 2023 berakhir sukses.

Kejurnas  yang digelar selama tiga hari di Gymnasium Kampus UPI Bandung  27 – 30 Juli 2023 diikuti 450 pejudo dari 18 Pengprov PJSI, 38 Perguruan Tinggi plus  pelajar SLTP/SLTA.

 Sementara kelas yang dipertandingkan  meliputi 15 kelas di tingkat SLTP, 16 kelas di tingkat SLTA, 20 kelas  pada kategori mahasiswa dan dua kelas di Kualifikasi Kata.

Alhasil, dari total kelas yang dipertandingkan tersebut melahirkan juara sejati dan tidak terkalahkan baik di tingkat pelajar, mahasiswa maupun Kualifikasi Kata Putra.

Pada nomor Kualifikasi Kata putra,  dua pejudo Jawa Timur, Suliswanto dan Embun Cahnyono naik ke podium juara dan berhak atas medali emas. Medali perak diberikan kepada dua pejudo Jawa Barat, Ahmad Arya Pandawa Rafialy dan Rahcmadana Syahrul.

Medali perunggu bersama masing-masing diberikan kepada, Kiki Ardian/M. Ramdan (DKI) serta Wairifer Bukwab/Yewi Agus Sudjatmiko (Papua).

Sementara  di bagian Kata Putri medali emas direbut Provinsi Bali atas nama, Ni Made Sukerti dan Ni Nyoman Suwitri. Medali perak diberikan kepada Provinsi Jawa Tengah, Cynthia Trubus Octaviani/Lie Grace Nathalia.


Sementara medali perunggu bersama masing-masing diberikan kepada  Yashinta Gustiani/Puspita Dew (Jawa Barat) dan Devita Lince Marisen Obinaru/Feronika M Rumbewas.

Ketua Umum PB PJSI,  Letjen TNI, Maruli Simanjuntak yang menyaksikan langsung partai final mengaku puas atas hasil maupun jumlah peserta yang sambil bagian di Kejurnas tahun ini.

“Kejuaraan diikuti Pelajar dan Mahasiswa dan kami juga cukup puas karena cukup banyak dari jumlah peserta, ada 23 dari tingkat SLTP, 46 tingkat SLTA, dan juga mahasiswa 60 Universitas yang ikut ambil bagian di kejurnas ini,” kata Maruli Simanjjuntak yang juga Pangkostrad itu menjelaskan.

Maruli Simanjutntak juga mengaku kagum menyaksikan pejudo era sekarang karena mengalami kemajuan pesat terutama dari cara mereka bertanding.

“Artinya, dalam cara mereka bermain cukup banyak peningkatan. Mudah-mudahan ini bisa menjadi kader-kader untuk  atlet  kita nanti kedepannya,” kata Maruli yang juga veteran pejudo nasional ini.

Kejurnas itu pun ujar Maruli, tak sekedar digelar. Menurutnya, ada esensi dan target yang diharapkan untuk olahraga asal Jepang tersebut.

“Memang, ini sudah menjadi  agenda dan jadwal tetap, sekarang agenda  tingkat pelajar, mahasiswa, juga ada  open turnamen lainnya, jadi dengan Kejurnas bagaimana  ditingkat pelajar ini  kita mencari bibit- bibit baru untuk  ke depan. Kita juga  selalu ada talent scoutingnya untuk memantau, mana kira-kira yang punya potensi, kalau misalnya baik, nanti bisa bergabung dengan PJI atau nanti kita beri masukan bagaimana meningkatkan kemampuan kualitas bermainnya,” katanya memaparkan.

Maruli Simanjuntak, berharap dari hasil pantauan para talent scouting dapat menjaring para atlet berbakat sehingga nantinya pejudo yang berpenampilan lebih ditambah  modal bakat akan langsung diminta untuk bergabung.

“Kami masih menunggu hasilnya, setelah Kejurnas aka nada laporan dan evauasi evaluasi kita diskusikan karena beberapa talent scouting memiliki penilaian mana saja yang memiliki prospek ke depannya,” katanya menambahkan seraya mengatakan di bulan Oktober mendatang akan kembali digelar kejuaraan serupa bertajuk Piala KSAD dan Open Tournament. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

Berita Terkait