Pengda PRSI DIY Gelar Pelatihan dari ASCA

Administrator

28/04/2023

7 views
Pengda Pengurus Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggelar pelatihan renang bersertifikat internasional dengan menggandeng The American Swimming Coaches Association (ASCA) yang didukung Finis. (Foto: Dok PRSI DIY)

YOGYAKARTA, G-SPORTS.ID – Pengda Pengurus Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyelenggarakan pelatihan renang bersertifikat internasional bagi pelatih renang di seluruh Indonesia.
 
Pelatihan untuk meningkatkan kualitas softskill pelatih ini digelar dengan menggandeng The American Swimming Coaches Association (ASCA) yang didukung Finis.

ASCA merupakan lembaga pelatihan renang yang didirikan pada 1958 di Amerika Serikat. Lembaga itu memberi pelatihan kepada para pelatih di seluruh dunia yang ingin meningkatkan kualitas dan ilmu pengetahuan.

Anggota ASCA adalah para pelatih renang yang sudah diakui kompetensinya. Hampir semua pelatih renang terbaik di AS menjadi anggota ASCA. Salah satunya Bob Bowman yang pernah melatih perenang top AS, Michael Phelps.

Phelps tercatat peraih 28 medali Olimpiade. Dirinya masih memegang rekor peraih medali terbanyak dalam sejarah Olimpiade.

“Pengda PRSI DIY mendapat kehormatan menyelenggarakan pelatihan dari ASCA. Seperti diketahui ASCA merupakan lembaga pelatihan terkemuka yang sudah menyelenggarakan pelatihan atau coaching swimming di berbagai negara,” kata Maryanto, Ketua Umum Pengda PRSI DIY.

“Pelatihan ini diharapkan bisa menjadi starting point dunia akuatik Indonesia pada umumya dan DI Yogyakarta pada khususnya yang harus diakui kita sudah tertinggal 25 tahun dari provinsi lain,” tambah Maryanto.

Pelatihan yang untuk kali pertama digelar di Yogyakarta ini berlangsung mulai Rabu (3/52023) hingga Sabtu (6/5/2023).

Pelatihan ditangani langsung oleh pelatih yang sudah sangat berpengalaman dan memiliki kompetensi tinggi, Chad Onken.
Onken tercatat sebagai pelatih renang kelas dunia dan salah satu pelatih profesional terbaik di Amerika Serikat. Selain itu, dirinya menjabat sebagai Director of International Clinics ASCA.

Pelatihan diikuti 172 pelatih renang, termasuk tiga pelatih dari negeri jiran, Malaysia. Ini menjadikan coaching swimming di Yogyakarta merupakan yang pertama di Asia Tenggara yang diikuti lebih dari 100 peserta.

Pelatihan dibagi menjadi beberapa level. Untuk Level 1 dengan materi pondasi dalam kepelatihan renang dilaksanakan pada tanggal 3 Mei 2023. Selanjutnya, Level 2 pt 1 digelar pada 4 Mei 2023 dan Level 2 pt 2 dilaksanakan di hari berikutnya. Level 2 lebih fokus pada pelatihan gaya dalam berenang.

Di hari terakhir, 6 Mei 2023 dilaksanakan pelatihan untuk Level 3 dengan titik berat pada faktor psikologis.

“Pelatihan ini adalah bentuk kepedulian FINIS dalam edukasi pelatih renang khususnya  Indonesia. Untuk kali pertama pelatihan dari ASCA dapat diselenggarakan di Indonesia dan  diikuti sampai 172 pelatih. Bahkan ada pelatih dari negara tetangga, yaitu Malaysia yang mengikuti pelatihan. Ini menjadi salah satu pelatihan terbesar se-Asia Tenggara setelah covid,” kata Ketua Panitia Pelatihan, Juni Udayani.

Dia menyebutkan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat bagi pelatih karena membantu memaksimalkan kualitas sebagai pelatih renang profesional, menambah jaringan dan wawasan serta membuka peluang bekerja di sekolah internasional baik di dalam negeri atau luar negeri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

Berita Terkait