VAR Project Manager FIFA Ingatkan LIB, Persiapan Penggunaan VAR Harus Matang

Administrator

01/05/2023

4 views
PERSIAPAN : PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) gelar VAR Kick-Off Meeting Liga Indonesia bersama FIFA untuk persiapan menerapkan teknologi Video Assistant Referee (VAR) pada Liga 1 2023/2024. (foto : Dok. PSSI)

JAKARTA, G-SPORTS.ID – Persiapan matang terus dilakukan PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) untuk segera menerapkan teknologi Video Assistant Referee (VAR) pada kompetisi Liga 1 2023/2024. Salah satunya, jalin komunikasi intensif dengan FIFA.

Dua hari pertemuan tertutup  20-21 Juni 2023, PSSI dan PT LIB menyelenggarakan VAR Kick-Off Meeting Liga Indonesia. Agenda yang dilaksanakan di salah satu hotel di Jakarta Pusat itu dihadiri oleh Direktur Operasional PT LIB yang sekaligus VAR Project Leader, Asep Saputra beserta tim. 

Sedangkan perwakilan dari FIFA hadir VAR Project Manager, Michael Bailey dan Guilherme Barbosa, VAR Implementation Manager. Dalam pertemuan itu, dua perwakilan FIFA menjelaskan banyak hal terkait persiapan yang harus dilakukan untuk menggunakan VAR. 

Michael Bailey menjelaskan banyak hal yang berhubungan dengan Referee and VAR Education. Semuanya diinformasikan secara detail dan lengkap. Begitupun Guilherme Barbosa menjelaskan banyak hal yang harus diperhatikan dalam VAR Project Implementation. Dalam pembahasan ini, semua juga dijelaskan secara terperinci. Mulai dari persiapan teknis, pola komunikasi, sampai yang berhubungan dengan marketing. 

Usai penjelasan dari Guilherme Barbosa, lewat komunikasi juga dilakukan secara online, dengan Football Technology Manager FIFA Bhaveshan Moorghen. Diamenjelaskan panjang lebar tentang teknologi yang akan diterapkan.

Direktur Utama PT LIB, Ferry Paulus menyambut positif kegiatan VAR Kick-Off Meeting tersebut. “Kami selalu berusaha maksimal agar VAR bisa segera direalisasikan di Liga 1. Untuk tahap awal ini, kami menyesuaikan dengan apa yang sudah dikomunikasikan FIFA. Ada pengenalan lebih awal terkait teknologi dan peraturan-peraturan lainnya yang berhubungan dengan penerapan VAR,” ujar Ferry Paulus. 

Seperti yang sudah diketahui, untuk penggunaan VAR harus melengkapi seluruh proses Implementation Assistance and Approval Programme (IAAP). Dalam proses tersebut ada lima tahapan yang harus diikuti dan dilaksanakan. 

Kelima tahapan dimaksud, yakni Innitial Consideration, VAR Declaration, Preparation and Training, Approval Process, hingga Monitoring. “Karena itu, akan ada pertemuan berikutnya agar pada putaran kedua BRI Liga 1 2023/24, penerapan VAR bisa dijalankan dengan benar, teliti, dan tepat,” imbuhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

Berita Terkait