Prawira Harum Bandung ke Final, Singkirkan Dewa United

Administrator

03/05/2023

5 views
FINAL : Prawira Harum Bandung lolos ke babak final IBL 2023 setelah unggul 2-0 atas Dewa United Banten. (foto : Dok. IBL)

BANDUNG, G-SPORTS.ID – Prawira Harum Bandung melaju ke babak final IBL 2023. Kepastian tersebut didapat setelah Prawira menang 88-80 atas Dewa United Banten, di C-Tra Arena, Sabtu (15/07/2023) malam.

Prawira menyapu bersih kemenangan atas Dewa United 2-0 di semifinal IBL dalam dua game. Game pertama sebelumnya di Sritex Arena Solo, Prawira juga menang 83-74 

Upaya Dewa United untuk menghentikan Prawira memang luar biasa. Mereka tampil lebih baik di game kedua semifinal hari ini.

Tetapi ada kesalahan di mana Dewa United melemah di awal kuarter kedua, sehingga mereka tertinggal 42-50 saat turun minum. Setelah itu, Prawira yang mendikte permainan. 

Prawira semakin di atas angin, ketika mereka unggul 15 angka (69-54) di kuarter ketiga. Tetapi keunggulan tersebut belum aman. Karena Dewa United bisa meningkatkan tempo permainan, untuk memperbanyak attempt. 

Hingga di sisa satu menit, Dewa United masih mengancam. Mereka hanya terpaut 10 angka (74-84) dari Prawira berkat three point Kaleb Ramot Gemilang. 

Dewa United juga memaksa head coach Prawira David Singleton meminta time-out. Ini terjadi setelah Yeison Yan Colome mencetak dua angka dengan jump shot. Dewa United mendekat 76-84. 

Sementara itu, seketika perlawanan Dewa United terhenti setelah three point dari Yudha Saputera. Prawira akhirnya mampu menjaga keunggulan hingga buzzer berbunyi. 

Empat pemain Prawira mencetak double digit points, antara lain Brandone Francis (24 poin), Jarred Shaw (18 poin), M. Fhirdan Guntara (12 poin), dan Yudha Saputera (11 poin). 

Prawira mencetak 32 point in the paint, dengan 20 assist. Jelas ini menjadi catatan statistik yang bagus. Ditambah lagi three points field goals yang mencapai 34% dengan 12 kali tembakan tiga angka dari 35 attempt. 

“Ini pertandingan yang penting. Kami memang tim bola basket terbaik di liga ini. Saya sangat bersemangat untuk bisa tampil di Final. Pelita Jaya tim bagus, dan saya akan berusaha memenangkan pertandingan itu,” ujar pemain Prawira, Brandone Francis. 

Dewa United sudah berusaha keras di laga do-or-die kali ini. Anthony Johnson selesai dengan double-double (13 poin dan 12 rebound). Kaleb Ramot Gemilang tampil sebagai top score dengan 21 poin. 

Lalu dari bench, ada Yeison Yan Colome dengan 17 poin. Dewa United untuk kedua kalinya disapu oleh Prawira di babak playoffs. Karena pada tahun 2022, mereka juga disingkirkan oleh Prawira di putaran pertama.

Prawira sukses mengembalikan kehormatan basket Bandung. Karena mereka lolos ke final IBL 2023. 

Mereka lolos ke final untuk pertama kalinya sejak 2008, saat masih menyandang nama Garuda Bandung. Prawira akan berhadapan dengan Pelita Jaya di partai puncak IBL musim 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

Berita Terkait