Derby Manchester Ciptakan Sejarah Baru di Final FA 2023

Administrator

08/05/2023

4 views
Manchester United dan Manchester City siap berduel di FINAL FA CUP 2023..

LONDON, G-SPORTS.ID – Manchester United (MU) akhirnya memastikan kedua kakinya untuk tampil di partai puncak Piala FA 2023 usai menang adu pinalti melawan Brighton & Hove Albion (BHA) pada Minggu (23/4/2023) malam WIB. Laga semifinal tersebut berlangsung di Stadion Wembley, London, Inggris.

 

Setan Merah unggul 7-6 dalam drama tos-tosan setelah hanya bermain imbang 0-0 di waktu normal. Menariknya sekalipun menang dan membawa MU dipartai puncak, toh gawang kiper David de Gea yang disorot pasca MU hancur lebur di Piala Eropa tetap berhasil dibobol oleh 6 penendang pinalti BHA terkecuali satu sepakan Soley March yang melayang diatas mistar gawangnya.

 

Dan MU dilaga ini pun lolos berkat satu tendangan pinalti yang sukses dari kaki Victor Lindelof sekaligus menutup skor 7-6.

 

Dengan kemenangannya ini, MU juga mencatatkan sejarah baru untuk kali pertama derby Manchester di Final Piala FA. Manchester City (MC) sukses melangkah ke final Piala FA usai mengalahkan Sheffield United 3-0 di Stadion Wembley, London, Sabtu (22/4/2023). Hattrick Riyad Mahrez memastikan kemenangan anak asuh Pep Guardiola.

 

MC vs MU sebelumnya pernah sembilan kali bertemu di Piala FA, namun tidak pernah di laga final. Paling banter Derby Manchester terjadi pada babak semifinal FA Cup pada 1926 dan 2011.

Terakhir keduanya bersua di Piala FA pada putaran ketiga musim 2011/2012. Ketika itu MU menang 3-2 di Stadion City of Manchester lewat dua gol Wayne Rooney dan satu gol Danny Welbeck.

Lalu bagi MC, ini adalah kali ke-12 mereka lolos ke final Piala FA. Terakhir The Citizens lolos ke final pada 2019, saat mengalahkan Watford 6-0 di final.

Sementara Man Utd berpeluang menyamai rekor 21 kali lolos ke final Piala FA milik Arsenal. Terakhir MU lolos ke final FA Cup pada 2018, ketika kalah 0-1 dari Chelsea.

Musim ini sendiri MC vs MU sudah dua kali bertemu di Premier League dan saling mengalahkan. Pertemuan pertama di Stadion Etihad, 2 Oktober 2022, Setan Merah dihajar 3-6.

 

Manchester United kemudian membalasnya di Old Trafford, 14 Januari 2023. Gol dari Bruno Fernandes dan Marcus Rashford memastikan kemenangan 2-1 MU atas Man City.

Musi mini pun MU sudah mengoleksi satu gelar usai mengalahkan Newcastle United di final Carabao Cup. Kali terakhir The Red Devils menjadi juara FA Cup pada 2016 saat mengalahkan Crystal Palace di final.

Sementara MC masih dalam jalur yang tepat meraih treble musim ini. Tim asuhan Pep Guardiola itu punya keuntungan menggusur Arsenal di puncak klasemen Liga Inggris dan akan melawan Real Madrid di semifinal Liga Champions.

Sementara Final FA Cup 2023 akan berlangsung di Stadion Wembley pada 3 Juni mendatang.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

Berita Terkait