Tim Gulat Jabar Berhasil Membawa Pulang Empat Medali Emas Kejurnas Gulat U-20

Administrator

10/05/2023

9 views
Juan Stvanus Marbun salah seorang atlet gulat JBanten di babak final Kejurnas Gulat U-20, Selasa, 27 Juni 2023. (Foto: IstimewaG-SPORTS.ID).

BANDUNG, G-SPORTS.ID  –   Di luar dugaan, Tim Gulat Jawa Barat berhasil meraih 4 medali emas, 1 perak dan 1 perunggu aada Kerjurnas Gulat U-20 yang digelar di Jakarrta,  26 – 27  Juni 2023.

Padahal, sejak awal Tim Gulat Jawa Barat tidak menargetkan satu pun medali di ajang Kejurnas yang mempertandingkan 30 kelas tersebut.

Dari empat medali emas yang direbut, dua medali emas diantaranya disumbangkan para  atlet Kota Bandung atas nama, Carlos di nomor Greco Roman 97 kg  dan Juan Stevanus  Marbum di nomor Gaya Bebas 86 kg setelah mengalahkan pegulat Provinsi Banten.

Sementara, dua medali emas lagi masing-masing disumbangkan, atlet Indramayu atas nama, Fikri Firmansyah di nomor Gaya Bebas 125 kg dan atlet Kabupaten Bandung atas nama, Dimas di nomor Gaya Bebas kelas 65 kg.

Satu medali perak juga disumbangkan atlet Kota Bandung atas nama, M. Fadli di nomor Gaya Bebas 70 kg dan medali perunggu diraih, Jonathan atlet Kabupaten Bogor pada nomor Gaya Bebas 61 kg.

Kejurnas Gulat U-20 tahun ini diikuti 20 Pengprov PGSI se-Tanah Air.Sementara Tim Gulat Jawa Barat hanya mengirimkan delapan atlet, empat diantaranya dari Kota Bandung yakni, M. Fadli yang akan turun di kelas 70 Gaya Bebas, Cepi M. Alfi disiapkan di kelas  57 Gaya Bebas, Carlos kelas  97 Greco Roman serta Juan Stevanus Marbum  pada 86 Gaya Bebas.

Selebihnya diwakili dua atlet Kabupaten Bogor, Setiawan (60 Grego Roman) dan Jonathan (61 Gaya Bebas) serta dua  pegulat lagi berasal dari Indramayu diwakilkan, Fikri Firmansyah di kelas 125 Gaya Bebas  dan Dimas dari Kabupaten Bandung yang turun di nomor Gaya Bebas kelas 65 kg.

Mereka ditangani dua  pelatih yakni Agus Sahrul (Kota Bandung) dan Agung Mulyana (Kabupaten Bandung).

“Hasil tersebut cukup realistis dan maksimal untuk atlet U-20 mengingat sejak awal rencana keberangkatan, kita tidak menargetkan satu pun medali karena Kejurnas itu sebelumnya kami anggap sebagai trial bagi anak-anak disamping program latihan yang kita jalani di Bandung,” kata Agus menjelaskan.

Akan tetapi, Agus melanjutkan, diluar dugaan Tim Gulat Jawa Barat mampu membuktikan diri hingga akhirnya merebut 4 medali ema, 1 perak dan 1 perunggu. 

Menurut Agus, kunci sukses timnya berhasil membawa pulang medali emas, perak dan perunggu, karena program latihan dilakukan secara kontinyu selama di Bandung.

“Khusus untuk atlet Kota Bandung yang saya tangani memang selama ini mereka melakukan latihan kontinyu, bahkan, baik atlet – atlet dari Kabupaten Bogor, Kabupaten Bandung dan  Indramayu juga sama-sama berlatih di Bandung, jadi tidak sulit untuk menyatukan mereka di tim Jawa Barat saat mengikuti Kejurnas,” ujar Agus mengungkapkan.

Agus berharap, hasil Kejurnas menjadi bekal bagi atletnya untuk melangkah ke jenjang yang lebih tinggi di masa mendatang.

“Karena itu, jika melihat peta persaingan dari 20 Pengprov yang mengikuti Kejurnas, kami jadi tahu seperti peta kekuatan gulat secara nasional dank arena itu juga kami berani bersaing dengan mereka,” katanya menambahkan. 

Dari hasil Kejurnas tersebut ujarnya, para atlet  tetap akan kembali menjalani latihan seperti yang selama ini dilakukan dan kemungkinan besar akan menjadi fase persiapan menjelang Babak Kualifikasi PON  XXI/2024. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

Berita Terkait