Hanya 6 Peserta Lolos Seleksi Referee Assessor Course PSSI 2024

Administrator

23/12/2023

5 views
SELEKSI: Instruktur Wasit FIFA Mohamad Rodzali hadir dalam seleksi Referee Assessor Course atau penilai wasit baru tanggal 14-18 Februari 2024. (foto : Dok. PSSI)

JAKARTA, G-SPORTS.ID – PSSI hanya menghasilkan jumlah minim dari hasil pengumuman kelolosan seleksi ketat Referee Assessor Course atau penilai wasit, Sabtu (17/02/2024). PSSI sendiri didampingi Instruktur Wasit FIFA Mohamad Rodzali, menggelar seleksi perekrutan penilai wasit baru 14-18 Februari 2024 ini.

Hanya enam dari total 20 peserta seleksi yang dinyatakan lolos. Keenam orang ini akan terus mengikuti kegiatan hingga tanggal 18 Februari 2024. Mereka juga nantinya akan bergabung pada tanggal 22-25 Februari 2024dengan wasit dan asisten wasit lainnya yang telah lolos pada gelombang sebelumnya 

Mereka yang dinyatakan lolos ada empat wasit, yaitu Muhammad Khisfan (Bengkulu), Fariq Hitaba (DI Yogyakarta), Oky Dwi Putra Senjaya (Jawa Barat), dan Juhandri Setiana (DKI Jakarta). Kemudian dua asisten wasit, yakni Maslah Ihsan (Sumatera Utara), dan Aries Papuling (Maluku Utara).

Sementara diantara 14 peserta yang tidak lolos, terdapat lima wasit yang sudah berpengalaman malang melintang memimpin kompetisi di Tanah Air. Yakni Suaidi Yunus (Aceh), Najamuddin Aspiran  (Kalimantan Timur), Iwan Sukoco (Jawa Timur), Tabrani (Jawa Timur), dan Nusur Fadilah (DKI Jakarta). 

Kegiatan ini dipimpin oleh Instruktur Wasit FIFA Mohamad Rodzali yang secara khusus diundang oleh PSSI untuk memberikan materi. Didampingi oleh Jimmy Napitupulu, Purwanto dan Agus Haryono. Untuk diketahui, tes penerimaan calon penilai wasit ini terbagai menjadi dua, tes teknologi informasi dan tes law of the game.

Selain itu pada tanggal 26-29 Februari 2024 aka digelar agenda  serupa juga untuk implementasi sistem pada kegiatan tersebut. Dibagi menjadi dua gelombang (untuk tanggal 22-25 Februari 2024 dan 26-29 Februari 2024). Lantaran jumlah peserta nantinya kurang lebih 30 orang, agar lebih efektif.

Ada yang istimewa juga saat kegiatan ini berlangsung. Diantaranya PSSI akan menggunakan teknologi informasi yang juga digunakan di Liga Primer Inggris.

6 Peserta Lolos Referee Assessor Course PSSI 2024
1. Muhammad Khisfan (wasit) – Bengkulu
2. Fariq Hitaba (wasit) – DI Yogyakarta
3. Oky Dwi Putra Senjaya (wasit) – Jawa Barat
4. Juhandri Setiana (wasit) – DKI Jakarta 
5. Maslah Ihsan (asisten wasit) – Sumatera Utara
6. Aries Papuling (wasit) – Maluku Utara

14 Peserta Tidak Lolos Referee Assessor Course PSSI 2024
1. Ficky Pangerapan – Sulawesi Utara
2. Suaidi Yunus – Aceh
3. Su’aid Sulaemi – Jawa Timur
4. Akhyar – Riau
5. Najamuddin Aspiran – Kalimantan Timur
6. Edi Permana – Jawa Barat
7. Retu Slamet Wijaya – Jawa Timur
8. Kuspriyanto – Jawa Barat
9. Dwi Susilo – DKI Jakarta
10. Iwan Sukoco – Jawa Timur
11. Ruli – Jawa Timur
12. Bardan Landihae – Kalimantan Barat
13. Tabrani – Jawa Timur
14. Nusur Fadilah – DKI Jakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

Berita Terkait