Garuda Pertiwi Digilas Filipina, di Laga Perdana AFC U-17 Women’s Asian Cup 2024

Administrator

6 Mei 2024

13 views
KALAH : Claudia Alexandra Scheunemann dan kawan-kawan gagal meraih poin penuh, usai kalah 1-6 di tangan Filipina U-17 mengawali laga Grup A AFC U-17 Women's Asian Cup 2024, Senin (06/05/2024) malam, Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali. (foto : dok. PSSI)

GIANYAR, G-SPORTS.ID – Tim Putri Indonesia U-17 akhirnya harus mengakui ketangguhan Tim Filipina U-17 pada matchday pertama fase Grup A AFC U-17 Women’s Asian Cup 2024. Dalam laga kedua Grup A yang berlangsung, Senin (06/05/2024) malam,  di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Garuda Pertiwi menyerah 1-6.

Sejak awal babak pertama, anak Satori Mochizuki sudah memperlihatkan perlawanan. Yang salah satunya lewat aksi memukau striker asal kota Malang, Claudia Scheunemann. Garuda Pertiwi sebenarnya sejak awal sudah mencoba mengambil inisatif serangan. Sayangnya, barisan pertahanan Filipina masih terlalu kokoh dan sulit ditembus Claudia dan kawan-kawan.

Dari segi postur, rata-rata pemain Filipina lebih unggul. Ini juga ditunjang stamina Jael Guy dan kawan-kawan yang tetap prima selama laga berlangsung. Kualitas para pemain Filipina pun terlihat. Laga baru saja berjalan tujuh menit, gawang Gadhiza, kiper  Indonesia sudah dibobol.

Adalah Alexa Pino yang membuka skor lewat aksi menawannya, sekaligus menjadi gol pertama sepanjang sejarah bagi Tim Filipina di ajang ini. Tertinggal satu gol, Garuda Pertiwi langsung bereaksi. Kali ini siapa lagi kalau bukan Claudia. Lima menit berselang, putri dari coach Timmo Scheunemann ini lewat sepakan keras kaki kanannya berhasil menjebol jala gawang kiper Gabrielle Baker, skor berubah imbang 1-1.

Usai skor imbang, laga kembali berjalan sengit, sederet upaya dilakukan pemain Filipina membongkar lini bertahan Indonesia. Malapetaka bagi Garuda Pertiwi pada menit ke-22. Adalah Jael Guy yang sukses menambah skor Filipina menjadi 1-2.

Gol ketiga juga terjadi tak lama lewat aksi Ariana Markey di menit ke-29. Lalu 7 menit berikutnya dimenit 36, giliran Alexa Pino yang kembali menjebol gawang Gadhiza. Babak pertama ditutup dengan skor 1-4 untuk keunggulan Filipina. Tim Putri Indonesia U-17 mencoba bangkit di babak kedua, namun justru syok terapi yang didapatkan.

Laga baru berjalan sembilan menit, gawang Indonesia kembali terbobol lewat aksi Natalie Collins menit ke-54. Anak asuh Satori Mochizuki tak bisa berbuat banyak, hingga menit ke-60 masih belum bisa keluar dari tekanan. Serangan balik yang coba dilakukan pun selalu kandas saat memasuki area tengah lapangan.

Perbedaan kondisi fisik yang sangat mencolok terlihat, stamina para pemain Indonesia sudah terkuras habis. Kondisi itu dimanfaatkan Natalie Collins menambah keunggulan Filipina di ment ke-62, usai lepas dari jebakan offside. Bek Timnas Wanita U-17 Indonesia hanya melihat dan berlari kecil saat Natalie berada di depan gawang.

Momen satu lawan satu melawan Gadhiza pun dimenangi Natalie, skor 1-6 untuk keunggulan Filipina. Pasca ketinggal 6 gol, praktis tak ada serangan berbahaya dari Indonesia ke gawang Filipina. Memasuki menit ke-80 skor masih tak berubah, selain unggul dalam mencetak gol, Filipina juga menguasai penuh permainan.

Dengan sisa-sisa tenaga yang ada, Tim Putri Indonesia U-17 mencoba untuk memberi perlawanan. Peluit akhir pertandingan pun dibunyikan setelah empat menit tambahan waktu yang diberikan berakhir. Kekalahan ini membawa Garuda Pertiwi berada di peringkat ketiga klasemen sementara Grup A dengan koleksi 0 poin. Unggul selisih dan defisit gol dari Korea Selatan yang dilindas Korea Utara pada laga sore hari sebelumnya dengan skor 0-7, di Bali United Training Center, Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali. (**Yan Daulaka)

Grup A AFC U-17 Women’s Asian Cup 2024
Senin, 06 Mei 2024
Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali
Indonesia U-17 vs Filipina U-17 (1-6)
Gol : Claudia Alexandra Scheunemann (12′) // Alexa Pino (7′, 36′), Jael Guy (22′), Ariana Markey (29′), Natalie Collins (54′, 62′)

Susunan pemain
Indonesia U-17 (4-4-2) : 1 Ghadiza Asnanza (pg), 3 Amelia Heselio, 4 Nabila Divany, 5 Wandha Maharani, 14 Indira Almira, 6 Zaira Aulia, 7 Allya Putri, 11 Syafia Chorlienka, 18 Zahra Nafisa, 13 Claudia Scheunemann, 15 Kikka Putri Ramadani
Pelatih : Satori Mochizuki (Jepang)

Filipina U-17 (4-4-2) : 1 Gabrielle Baker (pg), 5 Celine Dizon, 14 Ariana Markey, 17 Aiseylin Sia, 21 Lauren Villasin, 11 Kieran Bradley, 12 Tea Pidding, 19 Ava Villapando, 21 Alexa Pino; 7 Jael Guy, 13 Natalie Collins
Pelatih : Sinisa Cohadzic (Australia)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

Berita Terkait