Bem-Vindo Joel Cornelli, Pelatih ke-27 Arema Sejak 1987

Noval Lutfianto

25/06/2024

6 views
TANTANGAN BERAT : Didampingi Sudarmaji, Manajer Operasional Arema FC (kanan), Joel Cornelli (kiri) resmi menjadi pelatih baru Arema FC untuk kompetisi Liga 1 2024/2025 mendatang. (foto : Dok. Sahid Setiawan,/G-Sports.id)

MALANG, G-SPORTS.ID – Manajemen Arema FC akhirnya memastikan sosok arsitek barunya menghadapi kompetisi Liga 1 2024/2025 mendatang, Selasa (25/06/2024) pagi. Menggantikan posisi pelatih musim sebelummnya yang tak diperpanjang kontrakanya, Widodo Cahyono Putro per tanggal 04 Juni 2024 lalu.

Joel Cornelli resmi ditasbihkan sebagai pelatih baru tim Singo Edan, di markas tim ‘Kandang Singa’ Jalan Mayjen Sungkono Kota Malang. Pelatih kelahiran Encantado, Rio de Janeiro (Brazil), 03 Maret 1967 tersebut, diikat kontrak selama satu musim (10 bulan,red) atau per tanggal 25 Juni 2024 sampai dengan 25 April 2025 mendatang.

“Joel Cornelli kita kontrak selama satu musim sebagai pelatih kepala. Harapan kita tentu saja, tim di bawah kendali dia Arema FC semoga bisa memberikan performa dan prestasi lebih baik lagi dibandingkan musim sebelumnya,” ujar Sudarmaji, Manajer Operasional Arema FC, kepada G-Sports.id.

Seperti diketahui, pada Liga 1 musim 2023/2024, Arema FC finis di peringkat 15 papan bawah klasemen akhir. Atau terselamatan oleh pelatih Widodo Cahyono Putro dari degradasi ke Liga 2 2024/2025. Setelah selama 31 pekan terakhir terjerembab di zona merah degradasi di bawah pelatih sebelumnya José Fernando Martins Valente asal Portugal dan juga Joko ‘Gethuk’ Susilo.

“Artinya manajemen Arema FC mempunyai harapan besar terhadap sosok Joel Cornelli. Harapannya cukup sederhana saja namun bermakna, Arema musim depan mencapai hasil atau prestasi lebih baik dibandingkan Liga 1 musim 2023/2024 lalu,” imbuh Sudarmaji mewakili jajaran manajemen PT ABBI (PT Arema Aremania Bersatu Berprestasi Indonesia).

Tugas berat tak mudah bagi Joel Cornelli, pelatih berlisensi Pro CONMEBOL Licence (Confederacion Sudamericana de Futbol) itu. Dia hanya memiliki waktu relatif singkat 45 hari, sebelum kompetisi Liga 1 2024/2025 memulai kick-off pada tabnggal 09 Agustus 2024 mendatang. Dia merupakan pelatih asing ke-12 atau ke-27 bagi Arema sejak tahun 1987.

Dia harus berjudi dengan waktu belanja pemain baru, baik 27 pemain lokal maupun delapan legiun asing. Menyatukan persepsi dan visi tim dan pemain. Termasuk tak kalah pentingnya merancang-bangun sisi teknis strategi dan chemistry tim atau team work.

Perkenalan Joel Cornelli di depan awak media sendiri, juga didampingi legenda center back Arema Malang asal Brazil yang kini domisili di Tolgomas, Kota Malang, Claudio Barcellos de Jesus era 2004-2006. Termasuk Manajer Operasional Arema, Sudarmaji dan Manajer Bisnis Munif Bagaskara Wakid.

“Saya gembira bisa menjadi bagian Arema untuk musim ini. Bagi saya tidak masalah di tim sudah ada dua asisten pelatih lokal. Saya tentu akan saling komunikasi dan juga bertemu dalam waktu dekat ini. Kami akan jadi team work yang solid untuk Arema. Saya kini bersama aisten pelatih fokus persiapan ke depan untuk Arema,” tandas Joel Cornelli.

Terakhir musim 2023 Joel Cornelli menukangi Duque De Caxias FC U-20 Rio de Janeiro di ajang Torneio Otavio Pinto Guimarães U-20 Brazil. Musim 2022 sempat melatih klbu asal Vilhena, Clube Atlético Rondoniense. Klub semi-pro yang hanya berkompetisi pada level atau strata kelima di Brazil, yakni Campeonato Rondoniense Segunda Divisão di Negera Bagian Rondônia. Bem-Vindo, Joel Cornelli !.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

Berita Terkait