Lawan Australia di Semifinal, Timnas Indonesia U16 Optimistis

Administrator

30/06/2024

4 views
Timnas Indonesia U16 akan ditantang Australia pada babak semifinal Piala AFF U16 2024 di Stadion Manahan, Solo, Senin (1/7/2024) kickoff pukul 19.30 WIB. (Foto: G-SPORTS.ID/Sri Nugroho)

SOLO, G-SPORTS.ID – Timnas Indonesia U16 akan ditantang Australia pada babak semifinal Piala AFF U16 2024 di Stadion Manahan, Solo, Senin (1/7/2024) kickoff pukul 19.30 WIB.  Laga nanti menjadi momen adu strategi dua tim paling produktif dalam urusan mencetak gol sepanjang fase grup.

Garuda Muda berhak atas tiket ke semi-final setelah tampil sebagai juara Grup A dengan tiga kemenangan dari tiga laga yang dijalani. Kemenangan 3-0 atas Singapura dan Filipina serta 6-1 atas Laos menjadi bukti kedigdayaan tim asuhan Nova Arianto.

Dari fase grup, timnas Indonesia U16 berarti mencatat 12 gol ke gawang lawan dan kebobolan 1 gol.

Sedangkan Australia adalah juara Grup C dengan dua kemenangan yakni 2-0 atas Malaysia dan 12-0 dari Timor Leste serta satu kali imbang tanpa gol lawan Thailand. Ini berarti Australia mencatat 14 kali memasukkan dan belum pernah kebobolan.

Menatap laga lawan Australia, pelatih kepala timnas Indonesia U16, Nova Arianto optimistis timnya bisa kembali meraih hasil positif di semifinal nanti.

“Laga semifinal lawan Australia adalah pertandingan yang tidak akan mudah. Tetapi saya bicara ke pemain untuk tetap enjoy menikmati pertandingan. Harapannya pemain bisa memberikan yang terbaik, sehingga semoga bisa mendapatkan poin tiga,” ucap Nova Arianto menambahkan.

Ditanya mengenai target, dia kembali menggarisbawahi pihaknya tak punya target apapun kepada pemain. Hanya saja memang dia ingin menyaksikan progres pemain dari awal hingga sejauh ini.

“Kami sudah mempersiapkan semua dengan baik. Termasuk menganalisa apa yang dilakukan Australia. Harapannya laga nanti pemain tampil enjoy, tampil lepas, dan fokus,” kata Nova lagi.

Dia juga menyadari benar bahwa postur pemain Australia cukup tinggi yang jadi kelebihan sang lawan. “Kita sangat mewaspadai tim Australia, harapannya pemain bisa memperbaikinya dan fokus lagi agar bisa raih hasil terbaik,” tegasnya.

Yang pasti, menatap laga semifinal nanti, timnas Indonesia U16 memiliki keuntungan recovery yang lebih lama dibanding Australia. Skuat Garuda Muda terakhir bertandinga lawan Laos adalah pada Kamis (27/6/2024). Sedang Australia laga terakhir dimainkan pada Sabtu (29/6/2024).

“Dengan jumlah hari recovery yang lebih banyak, akan menguntungkan kami. Tetapi saya lihat dari Australia di pertandingan terakhir menyimpan pemain intinya. Jadi secara kondisi pasti akan berbeda tapi tidak akan berbeda jauh,” lanjutnya.

Yang pasti, Garuda Muda memang wajib mewaspadai penuh Australia di pertandingan nanti. Termasuk sosok Anthony Stipe Didulica yang tercatat sukses mencetak empat gol saat laga melawan Timor Leste, Sabtu (29/6/2024) lalu.

“Kami harus mampu menampilkan yang terbaik untuk pertandingan nanti dan kami ingin menang supaya bisa lolos ke final,” kata pelatih kepala timnas Australia U16, Brad Maloney.*

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

Berita Terkait