Meski Kalah dari Australia, Mentalitas Garuda Muda Dapat Pujian

Administrator

01/07/2024

6 views
Timnas Indonesia U16 akhirnya dipaksa menyerah di babak semifinal ajang Piala AFF U16 2024. Berlaga di Stadion Manahan, Solo, Senin (1/7/2024) malam, Garuda Muda takluk dengan skor 3-5 dari Australia. (Foto: G-SPORTS.ID/Sri Nugroho)

SOLO, G-SPORTS.ID — Timnas Indonesia U16 akhirnya dipaksa menyerah di babak semifinal ajang Piala AFF U16 2024. Berlaga di Stadion Manahan, Solo, Senin (1/7/2024) malam, Garuda Muda takluk dengan skor 3-5 dari Australia.

Hasil ini membuat hasrat timnas Indonesia U16 untuk melangkah ke laga final buyar. Tuan rumah akan berlaga melawan Vietnam di laga perebutan tempat ketiga pada Rabu (3/7/2024) sore mendatang.

Sempat unggul lebih dulu lewat gol cepat Zahaby Gholy menit ke-3 yang kemudian disamakan oleh Australia lewat Amlani Tatu menit ke-23, akhirnya skuat Garuda Muda harus bermain dengan 10 orang setelah Raihan Apriansyah di kartu merah wasit di menit ke-28.

Bermain dengan 10 pemain membuat kekuatan dan permainan Garuda Muda berubah.

Quinn MacNicol membawa Australia unggul 2-1 di menit ke 45+3. Namun kemudian Indonesia mampu menyamakan kedudukan di menit 45+4 kembali lewat Zahaby Gholy.

Babak kedua, Australia menambah gol lewat Amlani Tatu menit ke-66 dan Anthony Didulica menit ke-71 dan 86.

Dan di menit 90+3, Indonesia mampu memperkecil jarak lewat gol Josh Holong. Laga berakhir dengan skor 3-5 untuk keunggulan Australia.

“Australia main sangat luar biasa malam ini. Secara evaluasi, memang kartu merah yang terlalu cepat membuat berjalannya laga cukup berbeda. Kita kesulitan keluar dari pressing lawan,” kata pelatih timnas Indonesia U16, Nova Arianto usai laga.

Dan meski takluk dari Australia, namun Nova tetap memberikan apresiasi kepada anak asuhnya.

“Saya apresiasi kepada pemain yang berjuang maksimal. Meski main dengan 10 orang, kita bisa ladeni dan cetak gol. Ini yang saya bilang daya juang pemain secara mentality sangat luar biasa. Ini pelajaran juga untuk kita yang sering buat blunder di lini belakang yang akhirnya berbuah kartu merah,” pungkasnya.

 

AFF U16 ASEAN Boys Championship 2024
Semifinal 01 Juli 2024
Stadion Manahan, Solo
Indonesia vs Australia 3-5

Gol : Indonesia U-16 (Zahaby Gholy 3′, 45+4′ , Josh Holong 90+3′) : Australia U-16 (Quinn MacNicol 45+3, Amlani Tatu 23′, 66′, Anthony Didulica 71′)

Susunan Pemain
Indonesia U-16: Muhammad Nur Ichsan (pg), Putu Panji, Mathew Baker, Evandra Florasta, Muhamad Gholy, Azriel Syahdan, Mochamad Mierza, Fadly Alberto, Daniel Alfrido, Fabio Azkairawan, Raihan Apriansyah.
Pelatih : Nova Arianto

Australia U-16: Jai Ajanovic (pg), Malual Kuir, Jayden Necovski, Christian Puellella, Alexander Bolton, Jordan Graoroski, Nickolas Alfaro, Amlani Tatu, Alexander Garbowski, Jay Malts, Quin Macnicol.
Pelatih : Bradley John Maloney

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

Berita Terkait