Belanda Pantas Menjadi Pemenang, Rumania Torehkan Sejarah Tersendiri

Administrator

03/07/2024

0 views
LOLOS : Donyell Malen menjadi satu-satu pemain pengganti asal Belanda yang mencetak dua gol berturut - turut sepanjang perhelatan EURO 2024 di Jerman. (Dok; uefa.com/G-SPORTS.ID)
LOLOS : Donyell Malen menjadi satu-satu pemain pengganti asal Belanda yang mencetak dua gol berturut - turut sepanjang perhelatan EURO 2024 di Jerman. (Dok; uefa.com/G-SPORTS.ID)

MUNICH,G-SPORTS.ID – Belanda melaju ke Babak 8 Besar EURO 2024 dengan manis. Tampil lebih dominan tim asuhan Ronald Koeman itu mengalahkan sekaligus menyingkirkan Rumania dengan tiga gol tanpa balas (3-0) pada pertandingan yang berlangsung di Munich Footballa Arena, Selasa (2/7/2024).

Cody Gakpo membuka kemenangan Belanda di menit ke-20. Dua gol lagi diborong Donyell Malen di menit ke-83 dan 90+3.

Pencapaian yang menjadi tradisi bagi Belanda melaju ke Babak 8 Besar. Belanda juga baru sekali merasakan gelar juara EURO yakni pada tahun 1988 setelah mengalahkan Uni Sovyet, 2-0.

Akankah, sukses Ruud Gullit dan kawan-kawan di tahun 1988 termasuk di dalamnya yang saat ini menjadi Belanda di EURO 2024 Ronald Koeman akan terulang lagi di tahun ini?

Tinggal menuggu calon lawannya di Babak 8 Besar, Austria atau Turki yang akan menjadi pertandingan terakhir Babak 16 Besar, Rabu dinihari, (3/7/2024).

Pencetak gol pertama Cody Gakpo dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Vivo. Dia mencetak gol individu yang bagus dan tidak beruntung karena tidak mencetak gol lainnya. Performa keseluruhan yang bagus, selalu tersedia dan melepaskan tembakan. Ancaman konstan di kotak penalti. Pencetak gol terbanyak sejauh ini di turnamen dan memberikan assist untuk gol kedua untuk meraih kemenangan,” begitu penilaian terhadap Cody seperti dikutip dari uefa.com.

Reporter asal Belanda, Derek Brookman melaporkan kepasa uefa.com bahwa Belanda tampil dengan performa yang sangat baik. Mereka lebih berorientasi pada serangan dibandingkan pada laga – laga sebelumnya.

“Mereka tampil positif sepanjang pertandingan, dari belakang hingga depan, dan mengarahkan bola ke depan di hampir setiap kesempatan. Pertunjukan seperti ini bisa membuat mereka berangkat ke Berlin pada 14 Juli,” tulis Derek Brookman.

Sementara itu, reporter Rumania, Cristina Tache melaporkan, di Babak 16 Besar menjadi pertandingan yang patut dikenang bagi Rumania. Mereka telah menorehkan sejarah tersendiri di EURO 2024 termasuk penampilan para pemainnyayang patut diacungi jempol.

“Mereka mengembalikan kecintaan terhadap sepak bola, kecintaan terhadap tim nasional, dan membawa kembali ribuan penggemar ke tribun. Rumania telah dipersatukan oleh sepak bola. Iordănescu membuktikan bahwa kelompok yang bersatu dapat melampaui batas dan menghadapi tim-tim paling kuat di Eropa. Inilah kisah mereka; ini adalah keinginan mereka untuk didengarkan, untuk memainkan pertandingan seperti itu, dan mereka melakukannya,” tulis Cristina Tache. (Arief K/sumber: uefa.com)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

Berita Terkait