Gokil, Vovinam Sumbang 18 Medali Untuk Merah Putih di SEA Games 2023

Administrator

05/03/2023

2 views
Ni Gusti Agung Ayu Manik Trisna Dewi Wetan. (foto manikwetan for g-sports.id)

KAMBOJA, G-SPORTS.ID – Luar biasa, skuat cabang olahraga (Vovinam) Indonesia menutup rangkaian perjalanan di SEA Games 2023 dengan pencapaian besar dengan berhasil membawa pulang 3 emas, 1 perak, dan 14 perunggu.


Pada pertandingan terakhir, Selasa (9/5/2023) lalu, Vovinam Indonesia mengikuti tiga nomor pertandingan dan mendapatkan tiga medali termasuk satu emas.


Medali emas di pertandingan terakhir itu, diraih dari kategori Knife Form Ganda Putri oleh Putu Wahana Maha Yoni dan Ni Made Purnami. Pasangan ini mendapatkan skor tertinggi, yakni 267.


Medali emas sebelumnya dipersembahkan oleh Ni Gusti Agung Ayu Manik Trisna Dewi Wetan di nomor Dragon Tiger Form Putri dan Yin Yang Sword Form Putri. Dia mengulangi capaiannya pada SEA Games 2021 Vietnam.

Selaku Wakil Presiden Federasi Vovinam Indonesia, Isnaldi Muhammad Dini mengatakan, pencapaian di SEA Games kali ini mengalami peningkatan dari edisi terakhir.

“Dari SEA Games di Vietnam kemarin cuma bisa dapat satu emas, sekarang kita mendapatkan pencapaian luar biasa. Ini sangat menggembikan,” ujar dia.

“Makanya saya sebagai pimpinan merasa gembira, dan ini karena dukungan dan restu kita semua, pemerintah Indonesia, KONI, NOC, dan kita semua,” lanjut sosok yang juga menjadi manajer tim Vovinam Indonesia.


Salah satu peraih emas tim vovinam Indonesia, Ni Made Purnami, mengaku sangat bangga bisa mengibarkan Merah – Putih di Kamboja. Dia pun bersama pasangannya, Putu Wahana Maha Yoni, mempersembahkan emas ini untuk Indonesia.

“Perasaannya sangat senang, terharu dan bangga tentunya bisa dapat medali emas di SEA games kali ini,” ujar Purnami.

“Prestasi ini kami persembahkan tentunya untuk Indonesia kita tercinta dan tidak lupa juga untuk keluarga saya dirumah, teman-teman saya dan masyarakat Indonesia,” katanya di sela-sela kunjungannya ke Rumah Indonesia, Phnom Penh.

Sejauh ini, cabang olahraga vovinam menjadi salah satu penyumbang medali terbanyak bagi Indonesia. Total, Vovinam menyumbangkan 18 medali bagi Pasukan Garuda.

“Harapan saya kedepannya tentu bisa meningkatkan prestasi saya dan bisa membawa nama baik Indonesia,” kata Purnami lagi.


Sekretaris Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Bali, Nyoman Yamadiputra merasa bangga dengan hasil yang diraih anak-anak asuhnya kali ini. Tekad, semangat dan berlatih keras disetiap waktu akhirnya membuahkan hasil.

‘Prestasi di SEA Games ini semoga memberikan motivasi bagi atlit-atlit Vovinam pemula untuk terus berlatih keras. Suatu kebanggaan dengan pencapaian ini. Semoga Bali kedepan khususnya untuk terus melahirkan bibit-bibit potensial untuk cabor Vovinam.’ujar mantan pesilat kenamaan Bali ini.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

Berita Terkait