Mengenal Teknik Dasar Bermain Golf

Administrator

15/03/2023

3 views
Ilustasi bermain golf (Foto: Istimewa)
JAKARTA, G-SPORTS.ID: Golf bukan hanya untuk kaum berduit, tetapi olahraga ini juga bisa dimainkan masyarakat biasa. Olahraga dengan prinsip pegang, ayun, dan pukul ini makin banyak peminatnya.
Olahraga golf pertama kali muncul pada abad ke-15 di Skotlandia. Kala itu cara pemukulnya memakai kayu dengan bola berbahan karet.
Seiring berjalannya waktu golf terus meluas ke banyak negara. Termasuk di Indonesia. Saat ini Federasi Internasional Golf (IGF) berkedudukan di Swiss.
Nah, lalu seperti apa teknik dasar bermain golf? Buat Anda yang masih awam, simak saja rangkuman teknik dasar bermain golf dari berbagai sumber berikut ini.
o Pegang Stik
Seorang pemula harus mempelajari dengan benar bagaimana memegang stik golf yang benar. Ada beberapa teknik yang bisa dipakai, misalnya interlocking grip, overlapping grip, dan baseball grip.
Interlocking grip adalah teknik yang biasa diterapkan pegolf profesional. Teknik ini caranya adalah mengaitkan jari kelingking bagian kanan dengan telunjuk kiri.
Overlapping grip adalah meletakkan jari kelingking kanan di antara jari telunjuk dan jari tengah kiri.
Baseball grip adalah tangan kanan ada di atas tangan kiri. Ini adalah teknik yang paling umum dipakai.
o Ayun Stik
Mengayukankan stik golf tidak bisa sembarangan. Setidaknya ada dua cara yang bisa dipakai, yaitu backswing dan downing. 
Backswing adalah mengayunkan stik ke belakang tubuh hingga melewati kepala. Kemudian dowing adalah melanjutkan gerakan backswing agar pukulan tepat mengenai bola.
o Pukul Stik
Ini merupakan inti dari bermain gol. Ketika sudah memegang dan mengayun stik, berikutnya adalah memukul. Supaya pukulan akurat bisa memakai teknik tee shot, fairway shot, punch, putting, dan bunker shot.
Tee shot adalah pukulan pertama untuk memulai permainan. Posisinya dari letak awal bola menuju lubang atau hole.
Kemudian fairway shot adalah kelanjutan dari tee shot. Lalu punch adalah bagian dari memukul bola dengan keras, saat angin berembus kencang.
Sedangkan teknik putting dipakai saat bola sudah dekat dengan lubang, yang tujuannya agar lebih mudah dimasukkan. Terakhir adalah bunker shot, teknik pukulan ketika bola ada di luar area.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

Berita Terkait