Gubernur Koster Kembali Tolak Israel di AWBG 2023, Sementara Sang Deputi Menunggu Arahan Presiden.

Administrator

10/04/2023

6 views
Gubernur Bali, I Wayan Koster. (foto dok Pemprop Bali)

Denpasar, G-SPORTS.ID : Usai tolak Tim Nasional (Timnas) Sepakbola Israel sebagai salah satu kontestan Piala Dunia U-20 yang menyebabkan FIFA mencabut status tuan rumah Indonesia, Gubernur Bali, I Wayan Koster lagi-lagi mengeluarkan pernyataan yang kembali menolak kontingen Israel yang akan hadir pada ANOC World Beach Games (AWBG) di Bali dari tanggal 5-12 Agustus 2023.

 

Orang nomor satu di Pulau Dewata ini menyampaikan penolakannya saat menghadiri dan memberikan sambutannya pada kegiatan keagamaan di Pura Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem, Rabu (5/4/20230 siang.

 

Menurutnya, bahwa penolakan terhadap Israel sudah berdasarkan amanat konstitusi Republik Indonesia dan Peraturan Menteri Luar Negeri (Permenlu).

 

‘Sudah berdasarkan konstitusi dan dasarnya adalah peraturan luar negeri nomor 3 tahun 2019.’ujarnya.

Diketahui pada permenlu tersebut disebutkan, bahwa Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel.

Dan bahkan dalam permenlu ini juga melarang pengibaran atau penggunaan bendera, lambang dan atribut lainnya serta melarang pengumandangan lagu kebangsaan bangsa Israel di Indonesia.

 

‘Sebagai suatu entitas sendiri karena diatur dalam Peraturan Menteri Luar Negeri tidak boleh menyanyikan lagi kebangsaan (Israel).’ Kata Koster.

Atlet-atlet Israel diketahui akan hadir dan berpartisipasi pada ajang AWBG 2023 pada bulan Agustus mendatang. Ajang olahraga pantai ini diikuti lebih dari 200 negara. Sementara atlet Israel akan tampil dibeberapa cabor yang sudah lolos babak kualifikasi, seperti di renang perairan terbuka dan basket.

 

Beda dengan pernyataan sang gubernur, Tjokrda Oka Artha Ardana atau Cok Ace selaku Wakil Gubernur (Deputi) mengaku dirinya masih menunggu arahan bapak Presiden Joko Widodo sebelum menentukan sikap terkait keberadaan atlet-atlet Israel dalam ajang bergengsi pantai tersebut.

 

‘Soal keikutsertaan atlet Israel di AWBG nanti kami menunggu arahan dari pusat, dari bapak Presiden (Jokowi).’ujar Cok Ace, mantan Bupati Gianyar yang juga pernah menjadi orang nomor satu di Perhimpunan Hotel dan Restauran Indonesia (PHRI) Bali ini.

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

Berita Terkait