Bli Suksma & Gek Suksma, Maskot World Beach Games Bali 2023

Administrator

27/04/2023

4 views
MASKOT : Bli Suksma dan Gek Suksma maskot resmi ANOC World Beach Games II Bali 2023 (AWBG II Bali 2023), 5-12 Agustus 2023. (foto : Dok. anoc)

NUSA DUA, G-SPORTS.ID – ANOC World Beach Games II Bali 2023 (AWBG II Bali 2023) tinggal hitungan hari 74 hari ke depan akan segera dimulai di Pulau Bali pada tanggal 5-12 Agustus 2023 mendatang. Tercatat hingga hari ini, 100 lebih dari total 206 negara anggota Association of National Olympic Committees (ANOC) memastikan akan hadir di Pulau Dewata.

Sementara itu NOC Indonesia (Indonesian Olympic Committee) atau Komite Olimpiade Indonesia (KOI). Bersama dengan ANIOC (Association of National Olympic Committees) atau Asosiasi Komite Olimpiade Nasional (ANOC) telah memperkenalkan maskot resmi.

Yakni Bli Suksma dan Gek Suksma pada CdM Seminar Meeting   (Chef de Mission) beberapa waktu lalu. Maskot tersebut terinspirasi dari hiu sirip hitam  (blacktip shark) yang ada di perairan Indonesia, terutama di Bali dan Raja Ampat. 

Maskot dinamai berdasarkan julukan yang sering digunakan dalam pergaulan keseharian bahasa Bali untuk menyebut saudara laki-laki (bli) dan saudara perempuan (gek). 

Sementara Suksma atau “Terima Kasih” menjadi arti bahwa Bali selalu siap memberikan hospitality terbaik. Keduanya mewakili semangat keramahan yang ditonjolkan dalam budaya Bali.

“Kami dengan bangga memperkenalkan ‘Bli Suksma’ dan ‘Gek Suksma’ sebagai maskot resmi untuk AWBG Bali 2023. Bli Suksma dan Gek Suksma siap menyambut para delegasi yang akan datang ke Bali pada bulan Agustus nanti. Maskot ini mewakili kegembiraan dan  semangat AWBG Bali,” kata Ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari .

Ia melanjutkan maskot melambangkan hiu sirip-hitam, salah satu jenis hiu yang ditemukan di laut Indonesia seperti Bali dan Raja Ampat. Mereka merupakan ikonik spesies yang mewakili kekayaan kehidupan laut Indonesia serta mengingatkan pada perlunya melindungi dan memelihara laut kita untuk generasi muda selanjutnya.

“Dengan menggunakan hiu sirip-hitam sebagai maskot, kami juga meningkatkan kesadaran masyarakat sekaligus mempromosikan pelestarian blacktip sharks,” lanjut Okto.

Sekretaris Jenderal ANOC Gunilla Lindberg optimistis Indonesia dapat meraih sukses di AWBG Bali 2023. “Bali memiliki infrastruktur yang sangat baik, hotel dan lain-lainnya. Kami senang berada di sini. Sisa waktu tiga bulan dan ANOC akan melakukan persiapan yang matang bersama dengan panitia penyelenggara (Indonesia AWBG Organizing Committee),” kata Gunilla.

AWBG Bali 2023 mempertandingkan 14 cabor, yakni 10 cabor mandatory atau wajib. Yaitu Open Water Swimming 5km, Beach Water Polo, Beach Soccer, Beach Handball, Individual Kata Karate, Kite Foil, Beach Tennis, Aquathlon, Beach Volleyball 4×4 and Beach Wrestling. 

Empat cabor lainnya adalah Basketball 3×3, AirBadminton, Beach Sprint Rowing dan Surfing. Masuk klasifikasi non-mandatory atau tidak wajib.

Usia penyelenggaraan AWBG 2023 Bali pada 5-12 Agustus. Disusul akan dilangsungkan ANOC General Assembly pada 13-15 Agustus. AWBG merupakan multi event terbesar berdasarkan jumlah negara peserta yang pernah diselenggarakan di Indonesia dan dapat menjadi stepping stone menuju bidding tuan rumah Olimpiade 2036.

World Beach Games Bali 2023 (AWBG Bali 2023)
Tanggal : 5-12 Agustus 2023
Venue : Kabupaten Badung, Bali (Nusa Dua Beach, Jimbaran Beach, Kuta Beach, dan  Canggu Beach) 
Kontingen : 100 negara
Atlit         :  1.584 orang 
Ofisial : 1.400 orang
Cabor : 14 
Nomor : 45 pertandingan
Medali : 128 medali
10 cabor mandatory atau wajib 
1. Aquathlon
2. Beach Handball
3. Beach Soccer
4. Beach Tennis
5. Beach Volleyball 4×4 
6. Beach Wrestling
7. Beach Water Polo
8. Karate 
9. Open Water Swimming
10. Wingfoil Racing
4 cabor non-mandatory atau tidak wajib 
1. AirBadminton
2. 3×3 Basketball
3. Surfing 
4. Beach Sprint Rowing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

Berita Terkait