Kongres KOI/NOC Indonesia Digelar 30 Juni 2023 di Jakarta

Administrator

09/05/2023

4 views
KONGRES KOI : Plt Sekjen KOI/NOC Indonesia. Harry Warganegara. (foto : Dok. Komite Olimpiade Indonesia)

JAKARTA, G-SPORTS.ID –  KOI (Komite Olimpiade Indonesia) atau NOC Indonesia (National Olympic Committee) mengumumkan pelaksanaan Kongres akan dilaksanakan 30 Juni 2023 di Jakarta. Hal ini sesuai amanat Rapat Anggota 7 Maret lalu, yakni Kongres Pemilihan Ketua Umum dan Wakil Ketua Umum serta Komite Eksekutif periode 2023-2027 dipercepat menjadi Juni.  

Pelaksana Tugas Sekretaris Jenderal NOC Indonesia Harry Warganegara menjelaskan berdasarkan putusan Rapat Anggota, NOC Indonesia telah menyusun Panitia Pengarah, Panitia Pelaksana, Panitia Tim Verifikasi, serta Tim Penjaring. Mereka adalah perangkat kongres yang bekerja sesuai Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) dan Peraturan Organisasi (PO).

“Kongres pemilihan diadakan 30 Juni. NOC Indonesia sudah mengeluarkan Surat Keputusan (SK) perihal perangkat kongres yang akan bekerja sesuai dengan tanggung jawabnya,” kata Harry.

Lebih lanjut, Harry menjelaskan, Panitia Pengarah diisi oleh Ketua Umum NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari, Wakil Ketua Umum Warih Sadono dan Komite Eksekutif (KE) NOC Indonesia. Sementara Panitia pelaksana diketuai  KE Ismail Ning.

Sedangkan Tim Verifikasi dipimpin KE Jadi Rajagukguk. Ia dibantu Regina Lefrandt Vega dari perwakilan PB PJSI, serta tiga anggota yaitu Wijaya Noeradi (Wakil Sekretaris Jenderal II NOC Indonesia), Didi O Affandi (PB Perpani), serta Yusran Arief (PB Forki).

Sementara untuk Tim Penjaring,  Ngatino dari Pengurus Pusat Kickboxing Indonesia menjadi ketua, Ali A Patiwiri dari PB PRSI sebagai sekretaris, serta lima anggota, yaitu Sri Sundari Kencana Ayu (PB Persani), Komaruddin Simanjutak (Pertina), Anthony Charles Sunarjo (MPI), Rinaldi Duyo (IJBA), dan Anton Suseno (IOA).

Selama menjalankan tugas, tim perangkat kongres akan berkantor di Lantai 19 NOC Indoneia. Tim Verifikasi dan Tim Penjaring juga telah mengadakan rapat dalam rangka menyusun persiapan tugas dan tanggung jawab.

Untuk diketahui, Tim Verifikasi telah mengirimkan surat pemberitahuan verifikasi kepada Federasi Nasional (NF) anggota NOC Indonesia untuk hadir di Rapat Anggota Luar Biasa (RALB).

Pertemuan tersebut dalam rangka menyampaikan hasil tim verifikasi untuk kemudian  diputuskan sebagai suara sah anggota NOC Indonesia peserta kongres.

“Kami sudah mengirimkan undangan kepada 67 Federasi Nasional anggota NOC Indonesia untuk hadir dalam RALB pada 24 Mei. Rencananya akan diadakan di Jakarta,” kata Jadi.

Sama seperti Tim Verifikasi, Tim Penjaring juga tengah menyebarkan informasi seluas-luasnya kepada masyarakat dan cabang olahraga, terhitung sejak 10-29 Mei.  Rencanannya Tim Penjaring akan membuka pendaftaran 2-9 Juni dan dilanjutkan dengan verifikasi pendaftaran calon pada 9-22 Juni, dan Kongres pada 30 Juni.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

Berita Terkait