PSSI Jabar dan Kota Bandung Isi HUT PSSI ke -94 dengan Berziarah ke Makam Soeratin

Administrator

22 April 2024

7 views

BANDUNG, G-SPORTS.ID – Tahun ini PSSI genap 94 tahun. Seperti tahun – tahun sebelumnya peringatan hari lahirnya organisasi bola sepak di Tanah Air tersebut diisi oleh tradisi ziarah ke makam pendiri PSSI, Ir Soeratin Sosrosugondo di TPU Sirnaraga, Kota Bandung, Jumat 19 April 2024.

Seperti biasa pula, mereka yang menziarahi makam pahlawan sepakbola itu para pengurus PSSI setempat yakni Asprov PSSI Jawa Barat dan PSSI Kota Bandung dan seperti tahun-tahun sebelumnya tanpa kehadiran para pengurus dari PSSI Pusat.

Hadir dalam prosesi ziarah Anggota Exco Asprov PSSI Jawa Barat, Sutisna. Sekjen PSSI Jawa Barat, Fahmi Hasan bersama jajaran pengurus lainnya.

Sementara itu, dari PSSI Kota Bandung dihadiri langsung Ketua Umum, H. Yoko Anggasurya yang didampingi Sekjen H, Laga Sudarmadi serta Legenda Sepakbola Kota Bandung, Adeng Hudaya.

Di akhir prosesi ziarah, H. Yoko Anggasurya bahwa tradisi ziarah ke makam pendiri PSSI tersebut tak pernah terlewatkan dalam setiap tahunnya meskipun tanpa kehadiran para pengurus dari PSSI Pusat.

“Ini sebuah inisiatif sekaligus mewakili para pengurus sepakbola dimana saja termasuk PSSI Pusat. Sebab, bagaimana juga kita patut menghormati dan makna dari ziarah ini adalah menauladani almarhum sebagai bapal sepkabola. Tapi alangkah bagusnya setiap tahunnya dari pusat hadir disini (Sirnaraga),” kata Yoko menegaskan.

Yoko menilai, sosok Soeratin patut ditauladani lantaran mendirikan PSSI sebagai bentuk alat perjuangan dan mempersatukan bangsa melalui sepakbola pada tanggal 19 April 1930 sebagai kelahiran PSSI.

“Lalu, setelah PSSI berdiri prestasi sepakbola Indonesia cukup bagus di dunia internasional dan kami harap bahkan di era kepemimpinan Pak Erick Tohir sepakbola kita sedang menuju kemajuan, semoga ini menjadi awal kebangkitan sepakbola kita seperti yang dicita-citakan para pendirinya,” kata Yoko menambahkan.

Disisi lain, anggota Exco PSSI Jawa Barat, Sutisna menimpali bahwa Asprov PSSI Jawa Barat bisa berkontribusi lebih bagi sepakbola nasional.

“Tradisi ziarah ke makam almarhhum Ir Soeratin ini adalah sebagai bentuk penghormatan atas jasa – jasanya almarhum yang telah menorehkan sejarah di republik ini. Kira-kira apa yang diungkapkan Askot harapanya sama dengan Asprov PSSI Jawa Barat dalam memperingati HUT PSSI tahun ini, ” katanya.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

Berita Terkait