PSIS Punya Peluang Besar Merebut 1 Tiket Tersisa Championship Series

Administrator

29 April 2024

39 views
PSIS Semarang sudah memulai aktivitas untuk persiapan Liga 1 2024/2025. (Foto: Dok PSIS Semarang)

JAKARTA, G-SPORTS.ID — Babak reguler series kompetisi Liga 1 2023/2024 segera usai. Saat ini hanya tersisa satu slot kontestan saja untuk dapat memastikan tiket Championshiop Series yang diperebutkan oleh Madura United FC, PSIS Semarang, dan Dewa United FC.

Tiga tiket di babak empat besar lainnya telah digenggam oleh Borneo FC Samarinda, Persib Bandung, dan Bali United FC. Ketiga klub tersebut berurutan menempati posisi tiga teratas.

Dari format yang sudah disiapkan, satu laga dipastikan mempertemukan Persib Bandung kontra Bali United. Sementara jawara championship series yakni Borneo FC menanti antara Madura United, PSIS, atau Dewa United.

Ketiga tim ini masih akan berjibaku memperebutkan posisi ke-4 pada laga pekan pamungkas. Pada Selasa (30/4/2024) besok, Madura United yang kini menempati posisi 4 akan menjamu Arema FC di kandangnya.

Tim peringkat kelima, Laskar Mahesa Jenar bertamu ke markas Persija Jakarta pada hari yang sama. Sedangkan Dewa United yang mengintai di posisi keenam menantang pemuncak klasemen sementara Borneo FC juga di waktu yang sama.

Saat ini, Sape Kerrap lebih diuntungkan karena mengantongi 54 poin. Hanya unggul satu poin atas PSIS, dan berselisih tiga angka atas Dewa United. Ini membuat persaingan pada pekan terakhir akan ramai.

Madura United secara matematis butuh kemenangan untuk memastikan diri lolos ke championship series. Jika imbang apalagi kalah, impian ke Championship Series bisa melayang.

PSIS akan otomatis naik ke posisi keempat jika menang di kandang Persija, dan pada saat bersamaan Madura United bermain imbang atau kalah dari Arema.

Bagaimana dengan Dewa United? Klub yang bermarkas di Indomilk Arena bisa lolos dengan syarat memenangi laga terakhir kontra Borneo FC. Sedangkan pada saat bersamaan Madura United tumbang dari Arema, dan PSIS kalah dari Persija.

“Tim keempat yang lolos ke babak Champhionship Series baru diketahui usai pekan terakhir babak regular menunjukkan bahwa persaingan di papan atas relatif ketat dan kompetitif. Untuk menjaga aspek sportivitas, kami akan menggelar pertandingan  yang melibatkan tim yang masih punya peluang ke babak Championship Series, pada waktu yang bersamaan,” sebut Direktur Operasional LIB, Asep Saputra.

Yang menarik, ada skenario ketiga tim memiliki poin sama pada pekan ke-34. Itu terjadi bila Madura United kalah, PSIS bermain seri, dan Dewa United meraih kemenangan. Jika itu terjadi, ketiganya akan memiliki poin sama yaitu 54. Lantas, siapa yang berada di posisi teratas?

Andai ketiga klub memiliki poin sama pada pekan terakhir, PSIS yang akan lolos berdasarkan perhitungan klasemen mini dari ketiga klub. PSIS beserta Madura United dan Dewa United memiliki poin sama, lima, dari hasil pertemuan mereka. Namun, Mahesa Jenar lebih unggul dalam selisih gol.

Terlepas dari klub mana pun yang lolos, skenario pertemuan di babak championship series sudah bisa diketahui. Termasuk klub mana yang akan menjadi tuan rumah terlebih dahulu. Klub yang berperingkat lebih tinggi akan menjadi tuan rumah terlebih dahulu.

 

Hasil pertemuan Madura United, Dewa United dan PSIS Semarang :

Madura United 1-4 Dewa United

Dewa United 2-2 Madura United

 

Madura United 1-0 PSIS

PSIS 2-2 Madura United

 

Dewa United 1-4 PSIS

PSIS 1-1 Dewa United

 

KLASEMEN MINI KLUB-KLUB KANDIDAT POSISI KEEMPAT

Klub M S K SG P
PSIS 1 2 1 7-5 5
Dewa United 1 2 1 8-8 5
Madura United 1 2 1 6-8 5

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

Berita Terkait