Austria Kalahkan Belanda Di Laga Terakhir Fase Penyisihan Grup

Administrator

26/06/2024

12 views
SALAH seorang pemain Belanda berusaha menghadang pergerakan pemain Austria, Marcel Sabitzer di laga penutup Grup D yang berlansung di Berlin, Selasa 25 Juni 2204. (Dok: uefa.com)
SALAH seorang pemain Belanda berusaha menghadang pergerakan pemain Austria, Marcel Sabitzer di laga penutup Grup D yang berlansung di Berlin, Selasa 25 Juni 2204. (Dok: uefa.com)

BERLIN, G-SPORTS.ID – Impian Negeri Kincir Angin Belanda untuk mengulang sukses seperti di Piala Eropa 1988 masih belum pupus.

Perjalanan tim asuhan Ronald Koeman itu tetap masih ada kesempatan untuk lolos sebagai peringkat tiga terbaik meski   dikalahkan  Austria, 2-3 pada pertandingan penyisihan terakhir  Grup  D  yang berlangsung di Olimpiade Stadium Berlin, Selasa 25 Juni 2024.

Sejak menit ke-6 Belanda sudah tertinggal, 0-1 oleh gol bunuh diri Donyel Malen. Berikutnya kedua tim terlibat jual beli gol.

Belanda mampu menyamakan kedudukan di menit ke-47 oleh gol yang dicetak, Cody Gakpo di menit ke-47. Di menit ke-59, Austria kembali unggul oleh gol Romano Schmid. Belanda pun Kembali dapat menyamakan kedudukan melalui gol yang dicetak, Memphis Depat di menit ke-75. Namun, Austria lagi-lagi dapat mengungguli melalui Marcel Sabitzer di menit ke-80.

Kedudukan, 2-3 tidak berubah hingga peluit babak kedua dibunyikan dan sejurus dengan itu Belanda harus menunggu sebagai peringkat tiga terbaik guna melaju ke fase gugur. Sebaliknya, satu tiket Grup D sudah pasti menjadi milik Austria.

Austria pun menobatkan sebagai juara grup dengan memperoleh 6 poin kemenangan dari tiga kali main, dua kali menang.

Sementara Belanda berada di peringkat ketiga dengan poin 4 dan kalah poin oleh Prancis yang bermain 1-1 setelah ditahan Polandia. Prancis menempati runner up Grup D dengan 5 poin kemenangan dari sekali menang dan dua kali seri.

Dengan demikian, Austria dan Prancis langsung lolos  ke fase gugur . Sementara Belanda mash menunggu sebagai peringkat tiga terbaik dan Polandia harus pulang lebih awal.

Dikutip dari uefa.com, Marcel Sabitzer dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Vivo. Menurut penilaian pengamat Teknis UEFA, Sabitzer pemain paling aktif di semua fase sepanjang pertandingan dari mulai penguasaan bola, penerimaan di antara lini, sampai mengancam lini belakang lawan dengan pergerakannya di belakang.

Dia pun dinilai sebagai pemain pekerja keras dalam bertahan. dan membuat perbedaan pada akhirnya dengan gol kemenangan.

Austria pantas merayakan keberhasilannya melewati fase penyisihan grup. Perayaan kemenangan berturut-turut yang dilakukan Austria di turnamen besar untuk pertama kalinya sejak Piala Dunia 1982 di Spanyol.

Di babak 16 Besar Austria akan berhadapan dengan runner up Grup F apakah Rumania, Belgia, Slovakia atau Ukraina yang sama -sama memiliki peluang lolos. Dan Belanda kemungkinan akan menghadapi Spanyol atau Inggris jika akhirnya menjadi tim tiga terbaik. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

Berita Terkait