Minim Jam Terbang, Garuda Pertiwi U-23 Pulang Lebih Awal

Administrator

09/03/2023

2 views
Tim Putri Indonesia U-23 tersingkir pada babak pertama AFC Women Olympic Qualifying Tournament di Lebanon. (foto : Dok. PSSI)

JOUNIEH,G-SPORTS.ID – Tim Putri Indonesia U-23 harus pulang lebih awal dari ajang AFC Women’s Olympic Qualifying Tournament 2024. Babak pertama penyisihan Grup F even untuk kualifikasi Olimpiade Paris 2024 mendatang itu, Carla Bio Pattinasarany dan kawan-kawan menelan dua kali kekalahan telak.  . 

Laga terakhir di Stadion Fouad Chehab, Jounieh pada Sabtu Selasa (11/4/2023) malam waktu setempat, tim Garuda Pertiwi bharus ertekuk lutut 0-4 di tangan  Chinese Taipei (Taiwan,red). Gol-gol dalam laga yang dipimpin wasit Veronika Bernatskaya asal Kyrgyzstan itu lahir begitu mudahnya.

Masing-masing melalui Wang Hsiang-hui (7′), Hsu Yi-yun (35′) pada babak pertama. Disusul gol pada babak kedua oleh Wang Shu-wen (87′), dan Wu Kai-ching (90′). 

Sebelumnya pada laga perdana, tim yang ditukangi pelatih kepala, Rudy Eka Priyambada juga dilumat tuan rumah  Lebanon 0-5. Lewat gol-gol Layla Pascal Iskandar  (29’, 80’),  Pilar Tony Khoury (45+4′) penalti, Yara Antoine Bou Rada (61’),  kembali gol penalti kali ini oleh Christy Tony Maalouf (69). 

“Secara hasil memang tidak jauh berbeda di dua pertandingan lawan Lebanon dan Chinese Taipei. Namun secara permainan lebih terorganisir pada laga kedua. Transisi dari bertahan ke menyerang masih menjadi catatan,” ujar asisten pelatih tim Garuda Pertiwi  (U-23), Yopie Riwoe.

“Harus butuh sinkronisasi lagi antar berbagai lini agar supaya bisa menghadapi situasi pertandingan seperti ini.”.

Gagalnya Tim Putri Indonesia U-23, tak bisa dilepaskan dari minimnya jam terbang mereka. Maklum saja, sejak tahun 2019 hingga saat ini atau empat tahun terakhir. PSSI tak pernah lagi menggelar kompetisi Liga 1 Putri alias vakum. 

Tentu kondisi ini menyulitkan pelatih dalam pemantauan dan perekrutan pemain. Disamping menjadi hal tidak positif bagi jam terbang para pemain, termasuk  minim merasakan atmosfer pertandingan.  

Tersingkir di babak pertama dari tiga babak zona Asia, membuat tim besutan pelatih Rudy Eka Priyambada harus melupakan mimpi ke Olimpiade Paris 2024 mendatang. Babak awal even bagi pemain maksimal (tertua,red) kelahiran 1 Januari 2001 itu, di tujuh grup ini hanya meloloskan juara grup saja ke babak kedua 12 Besar. 

Tujuh tim lolos sebagai juara grup ke babak kedua atau 12 Besar bergabung dengan lima tim unggulan atau kekuatan utama Asia. Yakni Australia, Jepang, Korea Utara, Korea Selatan, dan China.  

Zona AFC hanya mendapat  jatah dua tim saja dari total 12 tim yang lolos ke Olimpiade Paris, Prancis pada tanggal 24 Juli-10 Agustus 2024 mendatang. Baik dari hasil kualifikasi zona CONCACAF (1 tim), UEFA Women’s Nations League (2 tim), dan Copa America (2 tim).

Hasil play-off  CONCACAF (1 tim), dua tim dari babak kualifikasi CAF Olympic Qualifying Tournament (Afrika), dan satu tim OFC qualifying (Oseania), dan satu tempat jatah tuan rumah Prancis. 

Hasil pertandingan Grup F

Senin, 11 April 2023 

Stadion Fouad, Jounieh, Lebanon

Chinese Taipei vs Indonesia 4-0

Jumat, 8 April 2023

Stadion Fouad, Jounieh, Lebanon

Indonesia vs Lebanon 0-5

Rabu, 5 April 2023

Stadion Fouad, Jounieh, Lebanon

Lebanon vs Chinese Taipei 1-5

Klasemen Grup F 

1. Chinese Taipei 2 2 0 0 9-1 6

2. Lebanon      2 1 0 1 6-5 3

3. Indonesia      2 0 0 2 0-9 0

** Juara grup ke Babak 12 Besar

12 Besar (Babak kedua)

Seeded-1 : Korea Utara

Seeded-2 : Jepang

Seeded-3 : Australia 

Seeded-4 : China

Seeded-5 : Korea Selatan 

Juara Grup A : Uzbekistan 

Juara Grup B : Iran

Juara Grup C : Vietnam

Juara Grup D : Thailand 

Juara Grup E : Philippines

Juara Grup F : Chinese Taipei

Juara Grup G : India

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

Berita Terkait