JAKARTA, G-SPORTS.ID – Penandatanganan kerjasama sponsorship dilakukan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) dengan Arema FC, PSM Makassar, dan Persita Tangerang, Kamis (12/06/2025) siang, untuk kompetisi Liga 1 2025/2026.
Berlangsung di Kantor Pusat BTN, Menara 1 BTN, Jalan Gajah Mada No 1, Jakarta Pusat, perwakilan ketiga klub menaruh apresiatif tinggi. Terhadap komitmen BTN dalam mendukung pengembangan ekosistem olah raga Indonesia. Khususnya sepak bola sebagai olah raga paling populer dan memiliki potensi bisnis yang sangat besar.
Dalam acara tersebut, kedua belah pihak menandatangani perjanjian kerja sama sponsorship berdurasi satu musim Liga 1 2025/2026. Arema, Persita, dan PSM dipilih menjadi mitra BTN karena memiliki potensi besar untuk pengembangan kerja sama dan berprestasi baik.
“BTN dengan Bale by BTN Super Apps dan PSM Makassar punya nilai-nilai yang sejalan, dedikasi, semangat juang dan keberpihakan pada masyarakat. Dukungan ini akan memperkuat langkah PSM membangun tim yang solid, fasilitas lebih baik, serta pembinaan pemain muda yang lebih profesional,” ujar Direktur Operasional PSM Makassar, Rafiudin Razak.
Rafiudin Razak juga mengatakan, bahwah pihaknya memberikan apresiasi terhadap BTN atas kepercayaan dan dukungan sponsorship. Sebagai komitmen yang kuat untuk mengembangkan sepak bola Indonesia.
Sementara itu, Business Manager Arema FC, Munif Bagaskara Wakid menyatakan, kehadiran BTN sebagai main sponsorship Arema FC tidak hanya sebagai dukungan finansial. Tetapi juga sebagai bentuk kepercayaan besar terhadap tim berjuluk Singo Edan.
“Kami yakin, dengan kolaborasi yang kuat antara dunia usaha dan dunia olahraga, kita bisa melahirkan prestasi yang membanggakan bagi bangsa,” timpal Munif Bagaskara.
Senada dengan PSM dan Arema, Commercial Director Persita Tangerang, Evelyn Cathy mengatakan, dukungan sponsorship dari BTN akan sangat membantu Persita Tangerang. Memenuhi brbagai kebutuhan klub, dalam melakoni Liga 1 2025/2026.
“Semoga kolaborasi ini, melalui berbagai aktivasi event dan sebagainya dapat berjalan dengan lancar. Dapat membangun sinergi yang baik antara Persita Tangerang dan PT Bank Tabungan Negara (BTN,red),” tandas Evelyn Cathy.
Melalui kerja sama sponsorship tersebut, BTN berhak mendapatkan sejumlah manfaat dari branding placement. Guna mendorong brand awareness Bale by BTN kepada komunitas sepak bola Indonesia.
Diantaranya, BTN akan dapat menempatkan logo di berbagai aset milik ketiga klub yang disponsori, yakni jersey pemain, LED perimeter lapangan, dan background untuk konferensi pers. Juga tiket pertandingan, dan promosi melalui akun-akun media sosial milik klub-klub tersebut.
“Kerjasama ini, diharapkan akan terbangun ekosistem bisnis yang akan menguntungkan baik BTN sebagai institusi perbankan maupun komunitas sepak bola nasional jangka panjang. BTN juga memberikan keleluasaan untuk melakukan akuisisi nasabah baru melalui Bale by BTN untuk para pemain dan pegawai klub,” beber Direktur Utama BTN, Nixon LP Napitupulu, Kamis (12/06/2025) siang.
“BTN juga siap untuk menyediakan solusi perbankan dan keuangan kepada para pemain dan pengurus klub Arema FC, Persita Tangerang, dan PSM Makassar, baik untuk segmen nasabah reguler, nasabah BTN Prospera, maupun nasabah BTN Prioritas,” lanjut Nixon Napitupulu.
Ditegaskan, ke depannya, BTN akan memperluas penawaran produk dan layanannya. Kepada komunitas pendukung atau supporter, para mitra, serta stakeholders dari ketiga klub tersebut. Sejalan dengan visi perseroan untuk menjadi “Mitra Utama dalam Pemberdayaan Finansial Keluarga Indonesia”.
“Kita akan sama-sama melihat potensi kerja sama lain yang memungkinkan. Potensi-potensi yang bisa kita lihat sebagai bisnis, dan juga dilihat oleh para klub ini sebagai potensi keuangan. Itu bisa kita garap bersama-sama.”.
