Marciano Norman Lantik Nikolaus Kondomo sebagai Ketum KONI Provinsi Papua Pegunungan

Administrator

04/03/2023

4 views
Ketua Umum KONI Pusat, Letjen TNI Purn Marciano Norman mengukuhkan dan melantik Ketum KONI Papua Pegunungan Nikolaus Kondomo dan jajarannya, Selasa (4/4/2023) siang, di Wamena. (foto : Dok. KONI Pusat)

WAMEMA, G-SPORTS.ID – Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman resmi mengukuhkan dan melantik Ketum KONI Papua Pegunungan dan jajarannya masa bakti singkat setahun 2023-2024.

Diketuai oleh Nikolaus Kondomo, yang tak lain adaah Pj Gubernur Provinsi Papua Pegunungan. Pelantikan dilangsungkan pada hari Selasa tanggal 4 April 2023 siang di Hotel Grand Baliem, Wamena. 

Provinsi Papua Pegunungan (PPP) sendiri merupakan salah satu dari empat provinsi baru hasil pemekaran dari provinsi induk Papua sebelumnya pada tanggal 11 November 2022 dalam UU Nomor 14 Tahun 2022. Bersama tiga provinsi baru lainnya Papua Barat Daya (PBD), Papua Selatan (Pasel), dan Papua Tengah (Pateng). 

Ketum KONI Pusat berpesan agar KONI Provinsi ke-37 itu dapat memilih serta fokus membina cabang olahraga (cabor) unggulan. “Potensi atlet-atlet Papua harus mendapatkan perhatian khusus, saya titipkan kepada Ketua KONI Papua Pegunungan untuk pilih beberapa cabor unggulan yang betul-betul nanti pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024 di Aceh-Sumatera Utara bisa meraih prestasi yang membanggakan,” pesan Marciano.

“Dan nanti suatu saat, atlet-atlet Papua Pegunungan juga akan menjadi bagian tim nasional beberapa cabor yang ikut dalam single/multi event atas nama Indonesia,” tambahnya.

Papua Pegunungan memiliki potensi besar yang mana pasti mampu dikembangkan oleh jajaran pengurus yang dipimpin Pj.Gubernur bila bekerja keras. Periode kepengurusan singkat, karena untuk mempersiapkan atlet dan Kontoignen Papua Pegunungan ke PON XXI 2024 di Nangroe Aceh Darussalam dan Sumatra Utara. 

“Provinsi Papua Pegunungan ini mempunyai potensi yang sangat besar. Saya percaya dengan jajaran pengurus yang baru saja dilantik, apalagi Ketua KONI Provinsinya adalah Pj.Gubernur,” tandasnya.

Pada PON XXI/2024 Aceh-Sumut nanti, provinsi Daerah Otonom Baru (DOB) diharapkan Presiden Joko Widodo untuk turut serta. Namun sebagai provinsi baru, perlu fokus hanya pada cabor unggulan provinsi, tidak wajib ikuti semua cabor yang dipertandingkan.

Dalam membina olah raga, dibutuhkan kebersamaan, Ketum KONI Pusat berpesan agar manfaatkan peran perguruan tinggi dan TNI/Polri untuk membina olah raga prestasi. “Olahraga itu pemersatu bangsa, kita tidak melihat perbedaan kelompok. Selamat berkarya melalui bidang olahraga,” ujar Marciano..

Nikolaus tegaskan agar merujuk undang-undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan dalam membangun kualitas dan kuantitas olahraga di Indonesia termasuk provinsi Papua Pegunungan. “Kita sebagai insan olahraga harus terlibat dalam olahraga, baik unsur legislatif, eksekutif dan masyarakat,” sebut Pj.Gubernur Papua Pegunungan.

Berdasarkan regulasi yang ada, Nikolaus berharap KONI dapat melaksanakan pembinaan olahraga dan juga memperkokoh kesatuan. “KONI harus bangun kerja sama dengan dunia pendidikan, baik pendidikan tinggi dan menengah, hal ini dilakukan agar kita dapat masukan untuk olahraga,” lanjutnya.

Ketum KONI Papua Pegunungan tegaskan akan membina atlet untuk jangka panjang, tidak hanya dalam rangka PON XXI/2024 Aceh-Sumut. “Kita siap untuk melatih anak-anak kita secara berkelanjutan bukan untuk PON ini saja tetapi untuk event nasional dan internasional,” tutup Nikolaus.

Provinsi Papua Pegunungan memiliki delapan kabupaten sekaligus KONI Daerah (KONIDA). Yakni Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Lanny Jaya, Kabupaten Mamberamo Tengah, Kabupaten Nduga, dan Kabupaten Tolikara. Kemudian Kabupaten Yahukimo, Kabupaten Yalimo, dan Kabupaten Pegunungan Bintang. Ibukotanya adalah Wamena. 

Ketum KONI sekaligus Pj Gubernur Provinsi Papua Pegunungan, Nikolaus Kondomo sebeluimmya menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Hubungan Antar Lembaga & Kerjasama Internasional Kejagung RI, 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

Berita Terkait