PB FAJI Putuskan Babak Kualifikasi Arung Jeram PON XXI di Jateng Batal, Ini Pengganti Resminya

Administrator

24/03/2023

3 views
Pengurus Pengpriv FAJI Jabar beraudensi kepada Ketua Umum KONI Jabat, M Budiana terkait calon tuan rumah Babak KualifikasiArung Jeram

BANDUNG – G-SPORTS – PB FAJI Pusat memutuskan pelaksanaan Babak Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI zona 2 yang akan digelar September 2023 digelar di, Ditarik, Sukabumi, Jawa Barat

Penunjukan tersebut berdasarkan surat keputusan (SK) dari PB FAJI Nomor 2803/PB/FAJI/III/2023 dan ditandatangani langsung oleh Ketum PB FAJI, Mayjen TNI Mar (Purn) F. Saud Tambatua.

Sebelumnya, BK PON XXI untuk zona 2 rm akan dilaksanakan di Jawa Tengah berdasarkan Rakernas FAJI di Probolinggo, Jawa Timur, 29 November tahun lalu. 

Namun secara resmi, melalui surat bernomor 015/FAJI-JTG/III/2023 mereka menyatakan mundur sebagai calon tuan rumah Pra PON tersebut.

Ketua Harian Pengprov FAJI Jabar, Sorta Mina mengatakan, FAJI Jawa Barat sendiri siap menjadi tuan rumah BK PON zona 2 setelah melakukan audiensi dengan Ketua Umum KONI Jawa Barat, M. Budiana, pada Senin (27/3/2023) kemarin.

 Respons positif pun diperoleh FAJI Jawa Barat dari hasil pertemuan tersebut.

“Pengprov FAJI Jabar memiliki keyakinan untuk bisa menggelar BK PON yang tadinya direncanakan di Jateng yang akhirnya mengundurkan diri. Ini juga kesempatan bagi kami. Bukan berarti kami juga meminta kompensasi kelolosan tim Jabar di Pra PON XXI ini. Kita berlomba saja seperti layaknya peraturan kompetisi FAJI, ” kata Sorta menambahkan.

Sungai Citarik, Kabupaten Sukabumi pun menjadi pilihan  untuk menggelar event tersebut.

Dalam Rakernas PB FAJI 2022, diputuskan babak kualifikasi PON akan dibagi dalam zonasi yang terbagi dalam tiga wilayah, yakni Barat (Sumatera), Tengah (Jawa,Bali, Nusa Tenggara Barat), dan Timur (Kalimantan, Maluku, Papua, dan Sulawesi).

Tuan rumah Prakualifikasi PON di wilayah Barat adalah Sumatera Barat, dan tuan rumah untuk wilayah Timur adalah Sulawesi Utara. Waktu penyelenggaraan BK ini paling lambat pada September 2023.

Cabang Arung Jeram  mendapatkan kuota PON sebesar 64 atlet putra dan 64 atlet putri. Kategori lomba R4 dan R6 putra putri kelas open, dengan nomor perlombaan sprint, head to head, slalom, dan down river race. Total, masing-masing ada 16 mendali untuk kategori R4 dan R6 yang akan diperebutkan di PON 2024 mendatang.

“Jabar ini untuk arung jeram bisa dibilang barometer di nasional. Untuk keprestasian sudah tidak diragukan lagi. Jabar sudah melahirkan atlet level dunia. Sehingga ini juga menjadi momentum dalam rangka mencapai Jabar Hattrick Juara di PON XXI tahun 2024 di Sumut dan Aceh nanti,” ujarnya memungkasi. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

Berita Terkait